"Selamat Datang www.santai-man.blogspot.com"

Thursday 22 December 2016

Belajar Bareng Membuat Bayangan Pada Teks di Adobe Illustrator


Pada tulisan saya sebelumnya yaitu Belajar membuat bayangan teks di Photoshop dan kali ini kita akan belajar bagaimana membuat bayangan teks di illustrator.

Illustrator merupakan salah satu software dari keluarga Adobe juga yang biasa saya gunakan untuk membuat logo-logo atau apapun yang berhubungan dengan vector.
Disoftware satu ini cara membuatnya beda dari photoshop karena sytem yang dipakai juga beda kali ya… Karena saya juga masih pemula ataupun masih tahap belajar mengenai software satu ini maka dari itu mari kita Belajar Bareng

Dan seperti di bawah ini langkah-langkahnya:

Seperti biasa langkah awal dari semuanya yang pasti ya kita buka softwarenya, jika belum punya bisa download cari saja di google banyak ada yang versi trial juga, dan kalau ingin full version langsung beli saja! Disini saya menggunakan illustrator CS5.
Setelah software illustrator kita buka
Kita buat new document, disini terserah kalian pakai ukuran berapa (menyesuaikan kebutuhan) pada contoh saya akan menggunakan ukuran sebagai berikut :



Kemudian kita buat teks yang diinginkan …


Diatas saya menggunakan font “IMPACT” dan ukuran 70 serta warna biru.
Setelah sudah siap bahan yang kita buat, lanjutkan dengan duplikat font tersebut dengan cara berikut ini :
Klick kiri mouse dan tahan pada teks tersebut diikuti dengan menahan “alt” pada keyboard kemudian drag ke bawah tulisan tersebut sampai seperti ini :



Jika posisi duplikat teks sudah seperti diatas lanjutkan dengan mereflect teks tersebut dengan cara seperti ini :
Klick kanan diteks yang akan di reflect, pilih Transform kemudian pilih reflect dan akan keluar tampilan menu pilihan yaitu
  • Horizontal
  • Vertical
  • Angle

Dan disini kita pilih yang horizontal karena akan kita gunakan untuk membuat bayangan tepat di bawahnya.


  Menu tampilan pada pilihan reflect seperti di bawah ini :   
                                


Dan naikkan hasil reflect tadi sehingga seperti ini :


Jangan lupa untuk menggeser gunakan shift pada keyboard supaya dapat lurus horizontal ataupun vertical!!
Sampai tahap ini kita sudah membuat teks tampak seperti bayangan Cuma bayangan yang sangat jelas sekali sehingga akan sangat tidak bagus kalau kita lihat. Lanjutkan dengan tahap transparantsi…
Buat kotak dengan menggunakan Rectangle Tool dengan ukuran sebesar teks yang bawah sehingga kotak menutupi teks tersebut.


Setelah kotak terbuat ganti warna menggunakan gradient, klik gradient pada panel sebelah kanan dan atur seperti di bawah ini :


Kemudian seleksi keduanya kotak dan teks yang ada di bawah (klick kiri tahan pada area kosong sebelah teks dan kotak kemudian drag keduanya hingga terseleksi.
Jika sudah terseleksi lanjutkan dengan memilih Transparency yang ada di bawah panel gradient, klick yang ada dipojok menu tersebut kemudian pilih Make Opacity Mask.




Dan hasilnya seperti di bawah :


Disini kita sudah memiliki bayangan yang sudah transparent Cuma belum sampai ke tahap yang kita inginkan. Kita tinggal atur slider pada gradient saja settingan seperti di bawah ini atau sesuai selera kalian.
Sebelum masuk ke menu gradient jangan lupa untuk klik kotak yang ada di menu transparency nya pada gambar di bawah ini :



Langkah selanjutnya kembali ke menu gradient dan atur slider serta opacitynya seperti berikut:




Pindahkan slide yang bagian tengah atas ke arah warna putih, serta kecilkan opacity warna putih menjadi 41.

Dan hasil akhirnya seperti di bawah ini dengan sedikit tambahan pada background :


Sekian Belajar Bareng kali ini semoga bermanfaat.
Terima kasih sudah mampir di blog saya.....

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...