"Selamat Datang www.santai-man.blogspot.com"

Tuesday 6 December 2016

Belajar membuat effect bayangan pada tulisan di photoshop

Belajar membuat effect bayangan pada tulisan seperti di kaca dengan photoshop, membuat bayangan tulisan ataupun shape, foto atau yang lainya sebenarnya tidak butuh waktu yang lama, tergantung dari ribet atau tidaknya bahan tersebut. 

Jika hanya sebuah teks/tulisan di sini kita akan belajar cara membuatnya dengan simple dan cepat serta dapat di pahami bagi pemula sekalipun. Bagi pemula mungkin pernah bertanya-tanya bagaimana ya membuatnya kok bisa seperti itu ? Pertanyaan yang sangat wajar, karena kita bisa di karenakan rasa keingintahuan yang besar sehingga menimbulkan pertanyaan dan pada akhirnya kita cari bagaimana caranya dan apa saja yang di perlukan.

Kalau anda sudah berada pada postingan ini berarti memang anda membutuhkan sedikit bimbingan untuk membuat teks yang ada bayangan atau pantulan cermin. 

Langsung saja kita bahas bagaimana dan seperti apa hasilnya...

Pertama seperti biasa kalian buka software yang kita gunakan yang tidak lain adalah Adobe Photoshop, bagi yang sudah membuka softwarenya lanjut ke tahap selanjutnya!!

Kedua buat new document, jika sudah memiliki file yang ingin diberi effect tinggal buka saja filenya!

Di sini saya buat new document dengan ukuran seperti ini : 



Kemudian saya buat tulisan "Belajar Bareng". Font : Impact, Size : 176


Setelah itu duplikat layet teks tersebut! 
Banyak metode yang digunakan dalam menduplikat layer, saya akan memberika dua metode yaitu :
  • Dengan cara drag layer ke "create new layer" yang ada di pojok bawah pada panel layer dan otomatis akan ada layer baru "BELAJAR BARENG Copy" 

  • Cara kedua ini adalah cara yang paling mudah dan juga super cepat sekali, kareana kita hanya menggunakan short cut pada keyboard (ctrl + j ) dan secara otomati akan ada layer baru "BELAJAR BARENG copy" yang berada di atas layer yang kita copy.
Jika layer sudah terduplikat lanjutkan dengan langkah berikutnya, pindahkan teks "Belajar Bareng" yang barusan kita copy tepat di bawah teks yang pertama.


Kemudian pilih Edit - Free Transform kalau saya biasa menggunakan short cut (ctrl + t) dan klik kanan pilih "flip vertical"


Rasterize Type font tersebut dengan cara klik kanan pada layer "BELAJAR BARENG copy" lalu pilih Rasterize Type.




Lanjutkan dengan menyeleksi setengah font yang ada di bawah dengan menggunakan Rectangular Marque Tool lanjutkan dengan klik kanan pilih "feather" isi dengan 40 


Tekan delete pada keyboard 3-5 kali dan lihat hasilnya


dan jika dirasa kurang bisa di delete lagi. Atau bisa mengurangi opacity layer tersebut.
Demikian belajar kali ini semoga bermanfaat.
Dan ini hasil akhir dengan sedikit tambahan ....


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...