"Selamat Datang www.santai-man.blogspot.com"

Wednesday 16 November 2016

MENGGANTI BACKGROUND PADA FOTO DENGAN PHOTOSHOP


            Cara mengganti background pada foto di photoshop sebenarnya banyak sekali tool yang dapat digunakan tapi, dalam pembahasan kali ini saya akan menggunakan Pen Tool pada photoshop.






Ada banyak kegunaan dari tool kecil ini tapi, pada kesempatan saat ini saya akan pergunakan untuk mengcroping gambar atau mengganti background pada sebuah foto dengan photoshop.
Langsung saja inilah tutorial kali ini :
1.    Buka file yang ingin kita ganti atau hilangkan backgroundnya
2.    Pilih tool yang akan kita gunakan yaitu pen tool seperti terlihat pada gambar di atas dan pilih yang paling atas kalua pada keyboard kita tinggal menekan huruf “P”.
3.    Setelah pen tool aktif kita dapat memulai proses cropping, mulai dengan klik pada area tepi foto yang akan kita crop lakukan seleksi tepi sampai dengan selesai, dan untuk membuat garis lengkung klik kiri pada mouse dan tahan lalu gerakan mouse sesui arah yang diinginkan setelah selesai membentuk garis lengkung jangan lupa untuk mematikan garis tersebut dengan cara tekan alt pada keyboard dan klik pada titik yang kita buat garis lengkung tadi.
4.    Dan titik terakhir harus bertemu dengan titik awal kita buat tadi.
5.    Kalau semua sudah terseleksi oleh garis yang kita buat menggunakan pen tool tadi yang harus kita lakukan adalah klik kanan pada mouse kemudian pilih “make selection” seperti pada tampilan dibawah ini :




6.    Maka foto yang kita crop menggunakan pen tool akan terseleksi dengan tanda gari putus-putus pada area foto tersebut.
7.    Selesai sudah…. Tinggal kita copy foto yang terseleksi kita pindah ke file foto yang lain yang ingin kita gunakan sebagai background yang baru.

Demikian tutor kali ini harap maklum jika bahasanya agak ribet, karena baru pertama kali saya buat tutorial. Mohon bimbingan dari para master sekalian.
Dan untuk lebih jelasnya bias melihat video pada tautan di bawah ini :




No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...